Loading

DESAIN JEMBATAN KRETEK

Tentang Karya

“LUKU = Laku Urip Kang Utama” 

Jembatan Kretek II adalah jembatan baru yang maknanya mempersatukan. Jembatan ini ada di daerah tempuran sungai opak dan pesisir selatan Yogyakarta. Kawasan ini selain menjadi penghubung utama di kawasan selatan Jogja juga nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan wisata yang terintegrasi, sehingga perkembangan ekonomi dan sosial di kawasan ini tentu akan berkembang pesat sebagai dampaknya.

Sesuai dengan arah pembangunan Yogyakarta yang sekarang lebih menuju pengembangan wilayah selatan sebagai gerbang masuk Yogyakarta, tentu wilayah selatan kemudian menjadi wajah Yogyakarta yang akan menjadi impresi awal interaksi publik dengan Yogyakarta.

Semangat Among Tani Dagang Layar menjadi filosofi utama pembangunan Yogyakarta baik secara infrastruktur maupun tata wilayah dan sumber daya manusianya.

Untuk itulah Jembatan Kretek II yang berfilosofi Among Tani Dagang Layar harus menjadi salah satu landmark utama Yogyakarta yang tidak hanya indah secara visual namun juga memiliki makna yang mendalam.

Stilisasi bentuk Luku sebagai wujud agrarisnya budaya dan masyarakat Yogyakarta, terpadu dengan stilisasi bentuk Pikulan yang bermakna kerja keras dan saling bekerja sama sebagai bagian dalam semangat pembangunan Yogyakarta. Ditambahkan stilisasi dari tiang layar kapal nelayan pantai selatan yang bermakna penyatuan agraris dan maritim sekaligus bentuk masyarakat Yogyakarta yang nyawiji baik secara mempersatukan alam maupun bersatu dengan Tuhannya untuk kemakmuran dan kemaslahatan bersama.

kretek_1